Selasa, 19 April 2016

Filosofi Sambel Kemangi

Enak'e..jangan asem kecut, sambel'e kemangi
Mangan'e..bubar nyambut gawe, nadyan lawuh tempe..ning sehat awak'e
Seger'e ngombe banyu kendi, rokok nglinting dewe
Nadyan mung urip ono ndeso, nyatane ayem tentrem..kumpul sak keluargo

Enak opo wong urip ono ngalam ndonya?
Yen wegah rekoso, urip ora biso mulyo
Kudangan'e Romo lan ibu'ne,
Sregep nggon nyambut gawe, ojo lali Gusti'ne.

 Lirik diatas adalah lirik lagu Sambel Kemangi, bagi anak muda sekarang mungkin terlihat kampungan,tapi dari lagu inilah saya menemukan sedikit petunjuk untuk hidup sederhana khas masyarakat pedesaan.

 Filosofi lagu ini akan saya kupas satu persatu, dengan pemahaman saya sendiri, dan semoga dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang.



*Enak'e..jangan asem kecut, sambel'e kemangi
Mangan'e..bubar nyambut gawe, nadyan lawuh tempe..ning sehat awak'e.


(Enaknya sayur asam kecut,dengan sambal kemangi. Makannya setelah bekerja,walaupun hanya berlauk tempe,tapi sehat badannya).

Pada frasa ini kita di ingatkan, bahwa makanan sederhanapun akan terasa nikmat jika itu dari hasil keringat kita sendiri, dan agar selalu bersyukur, bahwa sesungguhnya nikmat adalah kesehatan yg diberikan Yang Maha Kuasa kepada kita.

*Seger'e ngombe banyu kendi, rokok nglinting dewe. Nadyan mung urip ono ndeso, nyatane ayem tentrem..kumpul sak keluargo.

(Segarnya minum air kendi,rokok melinting sendiri,walaupun hidup di desa,namun bahagia hidup bersama keluarga)

Pada frasa selanjutnya seakan menyindir kita,generasi masa ini yang seakan melupakan apa itu makna kesederhanaan,generasi yang selalu memuja gaya hidup mewah dan hedonis. Sampai kita lupa,bahwa ketentraman yg sejati,datang dari hati yg bahagia saat bersama keluarga.

*Enak opo wong urip ono ngalam ndonya?
Yen wegah rekoso, urip ora biso mulyo
Kudangan'e Romo lan ibu'ne,Sregep nggon nyambut gawe, ojo lali Gusti'ne.

(Apakah enak hidup di dunia? Jika tidak mau berusaha,hidup tidak akan sejahtera. Nasihat dari ayah dan ibu,rajinlah bekerja,tapi jangan lupa Tuhan)

Untuk bagian ini,bahkan saya sama sekali tidak perlu menjelaskan,kita semua yg memiliki akal,pasti akan faham.

 Jika ingin lebih meresapi lagu ber-genre Campursari ini bisa anda cari di berbagai situs download,sekedar saran,carilah yang versi Diah Proborini,karena sangat pas komposisi musiknya.

 Demikianlah, jika kita resapi,banyak lagi lirik lagu berkualitas yang menginspirasi..demikian pula,semoga tulisan saya juga akan memberi manfaat bagi pembaca.terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

"This Song Save My Life".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar