Kamis, 21 April 2016

Mengurus Proses Resign dari Indomaret (PT. Indomarco Prismatama)

 Saya adalah mantan pegawai di salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia,yaitu Indomaret (PT. Indomarco Prismatama), dan sudah mengabdi selama kurang lebih 5thn di perusahaan tersebut.
 Karena satu dan lain hal akhirnya saya memutuskan untuk resign pada bulan januari 2016 lalu dan memberanikan diri berwirausaha sendiri. Berikut akan saya bagikan sedikit pengalaman saya selama proses resign.

1. Pengajuan Surat Pengunduran Diri secara tertulis

 Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajukan Surat Pengunduran diri kepada Supervisor area untuk kemudian diteruskan ke Area Manger di cabang kita ditempatkan dan selanjutnya akan di proses oleh Departemen Personalia Kantor Cabang.

2. Menunggu proses data dan hak-hak karyawan

 Untuk selanjutnya kita akan menunggu proses data untuk pencairan hak-hak karyawan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Perjanjian Kerja. Proses ini memakan waktu yg berfariasi,tergantung dari banyaknya data yg di proses personalia pada saat itu,untuk selanjutnya kita akan dihubungi oleh pihak personalia dan membawa seragam kerja dan name tag serta FC KTP dan NPWP untuk diserahkan ke kantor cabang. Untuk saya sendiri,memakan waktu kurang lebih 2bln terhitung dari pengajuan Surat Pengunduran Diri saya serahkan.

3.Panggilan Mengurus Hak Karyawan di kantor cabang

 Setelah proses selesai maka akan ada panggilan dari pihak personalia,dan akan mengisi form yang terdiri dari ;
*Form DPLK Indolife
 Di isi sesuai panduan dari personalia. DPLK hanya akan keluar jika karyawan sudah bekerja lebih dari 3thn terhitung dari saat pengangkatan menjadi karyawan tetap,dan apabila pada saat resign kurang dari perusahaan,maka karyawan tidak berhak atas DPLK
*Form Surat Pernyataan Pengunduran Diri
 Sama dengan poin 1,hanya saja sifatnya resmi dan langsung dari personalia
*Form Surat Pernyataan Kerahasiaan
 Form yang menyatakan bahwa tidak akan membocorkan rahasia perusahaan kepada pihak lain,termasuk di dalamnya data perusahaan dan kekayaan intelektual.

4.Pemberian Surat Referensi dan Surat Keterangan

 Kedua surat tersebut berguna untuk pencairan dana Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.
Apabila sudah menerima surat-surat tersebut,maka langkah selanjutnya adalah melegalisir ke Depnaker terdekat untuk kemudian diteruskan ke Kantor Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan yang ada di kota anda.

Demikian pengalaman saya dalam mengurus proses resing,semoga bermanfaat untuk teman-teman yang mungkin masih bingung dengan prosedur dan prosesnya.

118 komentar:

  1. Maaf mas. Mau nanya kalau resign sebelum masa kontrak habis itu emang di denda ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana bro,udah di urus belum,bagi pengalamannya dong...

      Hapus
    2. Kak tolong bantunnya, minta email contoh paklaring indomaret ke dhyandroid@gmail.com
      Makasih kak

      Hapus
    3. Klo risign sebelum kontrak habis kta di denda/pinalti. Berp bulan kta bekerja.

      Hapus
    4. Maaf bisa minta bantuannya kirim paklaringnya ke lilislestari275@gmail.com

      Hapus
    5. Pertanyaan yang sama setelah mau cairin bpjs harus minta paklaring dari Indomaret sama kartu digital BPJS (5tahun lalu pula :( )

      Hapus
    6. Dulu blm bikin pengunduran diri secara tertulis,sekitar 11 th yg lalu,kira² bisa keluar g paklaring nya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Saya juga mas. Mau minta packelaring idm.. 2011 apakah saya harus ke idm pusat yang di daerah ancol ?.. terima kasih..

      Hapus
    2. Klo mau ambil prakerin bareng yuk, aku juga mau ambil prakerin mau cairin pbjs,

      Hapus
  3. Mau nanya mas,selain hak2 tersebut2 yg mas dapatkan,apakah mas mendapatkan uang pisah dari perusahaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dplk namanya uang pisah dari prusahaan

      Hapus
    2. dplk nya ditransfer brp lama ya gan ?

      Hapus
    3. Cara penghitungan DPLK itu seperti apa gan? Barang kali ada yang tau di sini. Rincian jelasnya seperti apa.?


      Terima kasih

      Hapus
    4. Kak mnta tolong krim cntoh paklaring nya

      Hapus
  4. Mau nanya mas,selain hak2 tersebut2 yg mas dapatkan,apakah mas mendapatkan uang pisah dari perusahaan?

    BalasHapus
  5. Mas bisa dikirim contoh surat paklaringnya ke email agunkp13@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas bisa minta tolong dikirim contoh surat paklaringnya ke ikasetiawati1601@gmail.com. makasih

      Hapus
    2. Kak.. Tolong kirim contoh paklaring indomaret ke
      amelarsya98@gmail.com

      Hapus
    3. Mas bisa dikirim contoh surat paklaringnya ke email sulianade0@gmail.com terimakasih

      Hapus
    4. Bos.. Bisa kirim contoh paklaringnya gak

      Hapus
    5. bos bisa kirim juga ke mercy.zho@gmail.com

      Hapus
    6. Mohon maaf bisa krim contoh paklaring k khafa.achmad@yahoo.co.id
      Trima kasih

      Hapus
    7. Saya juga mas minta kirimkan ke: usmanph82@gmail.com

      Hapus
    8. mohon maaf bisa kirim contoh paklaring m.ariefrahman199@gmail.com terkma kasih

      Hapus
    9. Maaf bisa kirim contoh plakaring nya rezaamaliaoktaviani@gmail.com thx

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Pak,saya baru resign dri IDM, kartap saya baru 2thn tpi saya udh dapat sertifikat dplk. Saya punya sertifikat dplk indolife, itu kira2 sertifikatnya berguna tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba boleh minta difotoin ga surat paklaring nya? Itu masih masuk PT Albany atau udh PT Indomarco ya kalo yg udh kartap ?

      Hapus
    2. Minta tolong kirim ke assalaamfajri@gmail.com

      Hapus
  7. Pak,saya baru resign dri IDM, kartap saya baru 2thn tpi saya udh dapat sertifikat dplk. Saya punya sertifikat dplk indolife, itu kira2 sertifikatnya berguna tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat berguna. Krn saldo yg ada di dplk itu berbunga. Dan tiap bulan nambah. Atau klo anda sdh punya penghasilan, bisa anda lanjutkan byr iurannya sesuai kemampuan anda. Info lbh jelas hub indolifenya aja.

      Hapus
    2. Sangat berguna. Krn saldo yg ada di dplk itu berbunga. Dan tiap bulan nambah. Atau klo anda sdh punya penghasilan, bisa anda lanjutkan byr iurannya sesuai kemampuan anda. Info lbh jelas hub indolifenya aja.

      Hapus
    3. Ka boleh minta contoh paklaring nya gk
      Aku lupa minta paklaring nya udah lama bnget aku risen dari imdomarco.
      Saya minta tolong yah mba

      Hapus
    4. Sama nih. Saya juga. Dari 2016 resign

      Hapus
  8. Pak,saya baru resign dri IDM, kartap saya baru 2thn tpi saya udh dapat sertifikat dplk. Saya punya sertifikat dplk indolife, itu kira2 sertifikatnya berguna tidak?

    BalasHapus
  9. Mba lilis boleh liat surat pengalaman kerja nya gk...
    Sya jga dulu prnah tahun 2009-2011, tpi sya mnta surat pengalaman kerja nya gk keluar2.. lau boleh pin bbm q: 75b9e082, id line: bowomarley email: bobwibowo2@gmail.com
    Tolong ya mba

    BalasHapus
  10. Mba lilis boleh liat surat pengalaman kerja nya gk...
    Sya jga dulu prnah tahun 2009-2011, tpi sya mnta surat pengalaman kerja nya gk keluar2.. lau boleh pin bbm q: 75b9e082, id line: bowomarley email: bobwibowo2@gmail.com
    Tolong mas mba

    BalasHapus
  11. oalah.. niki mas jerry kademangan niko to.. smpean pun medal to mas..?

    BalasHapus
  12. Kasih surat pengunduran diri ya. Pas lagi kerja atau sdah brenti. Cos saya jg mau kluar. Dari 2012-2017

    BalasHapus
  13. Nda enak kerja di IDM.. setiap bulan NKL.. rugi potong gajih terus

    BalasHapus
  14. mas mau nanya
    saya kan dulu idm baru kontrak kedua setengah tahun saya keluar cuman gk pake surat resign.
    nah kalo seumpama sekarang bikin surat resign kirim kemana ya mas? hrd/personalia?
    dan kira2 kalo saya ngajukan surat resign bisa dapat paklaring gk mas?

    makasih jika mau ngasih jawaban dan solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kasusnya , bagaimana mas apa bisa dapat paklaring ?

      Hapus
    2. Sama kasusnya , bagaimana mas apa bisa dapat paklaring ?

      Hapus
    3. Sama kasusnya , bagaimana mas apa bisa dapat paklaring ?

      Hapus
    4. Udah di urus bro? Bagi pengalamannya dong...

      Hapus
    5. Sama mas.. Gimana sudah dpt paklaring?

      Hapus
  15. Mas mau nanya,
    Saya sudah 11 tahun kerja di Idm,karena alasan keluarga 1.5 blan yg lalu resign.sudah telp personalia utk mengurus hak" karyawan salah satu syaratnya harus bawa f/c sertifikat dplk.nah yg jdi masalah kalau sertifikatnya ga ada gmana?tolong solusinya.makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang langsung ke Hrd cabang tempat cabang anda terdahulu

      Hapus
    2. Saya juga mau tanya?? Saya 11 th kerja di Indomaret dr thn 2007-2018 ,kira2 brpa ya uang DPLK yg saya trima .Dan brpa lama dana DPLK cair setelah di proses. Mohon jawabanya .Trinakasih

      Hapus
  16. Saya udh dua tahun nih, kira2 lama gak ya cair dana2 nya, dan setelah selesai semua di kantor dapat paklaring, itu bisa di klaim ke kantor bpjs ketenaga kerjaan mana pun kan. Gak harus di jakarta. Tks

    BalasHapus
  17. kalo baru 2 bulan resign kena denda kah?

    BalasHapus
  18. Mas mau tanya
    Pengangkatan karyawan tetapnya 02-2014 trs risen d bulan 10-2017 apa itu sudah dpt dplk ??

    BalasHapus
  19. Mas mau tanya
    Pengangkatan karyawan tetapnya 02-2014 trs risen d bulan 10-2017 apa itu sudah dpt dplk ??

    BalasHapus
  20. Kalo hanya 11bln kerja ada hak minta paklaring gak mas?

    BalasHapus
  21. Maaf mau tanya , kalau sewaktu risen tetapi di tanggal tersebut juga tanggal akhir kontrak gimana ya prosesny?

    BalasHapus
  22. Perhitungan dplk bagaimana ya??
    Tolong bantuanya dong
    Kartap mulai 2014 -2018
    Itu kisaran saya menerima berapa ya

    BalasHapus
  23. Boleh minta soft filenya paklaring indomaret ngga

    BalasHapus
  24. Boleh minta soft file nya packlaring idm ngg
    Klo bisa kirim ke email
    Santisusilawati1352@gmail.xom

    BalasHapus
  25. Boleh minta contoh paklaringnya kak dari indomaret ke email imamrofii268@gmail.com.terima kasih kak

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum pak, bisa mintak tolong kirimkan lewat email paklaring saya dari pt. albany corona lesatari atas nama AKBAR ANUGERAH WAHYUDI, email akbarwahyudi54@gmail.com

    BalasHapus
  27. Saya mau nanya minta kartu bpjs sama paklaring masih bisa gak sebelumnya pernah punya tapi hilang gmn cara mengurusnya terima kasih

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum pak. Bisa minta tolong kirimkan parklaring saya atas nama ARI SUHARI ke email ml1690055@gmail.com ..
    Terimakasih

    BalasHapus
  29. Kali aja ada yg mau bantu, saya minta contoh paklaring Pt albany corona lestary..
    Mohon kirim Via email abhiekacapi8@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian yak klo bisa tolong kirimin ke aku juga kacangkulit2010@gmail.com

      Hapus
    2. minta tolong kirimin contoh paklaring PT albany corona lestari ke email triaelvinanti8802@gmail.com

      Hapus
  30. mas saya 2 tahun 11 bulan karyawan tetap, apakah saya berhak dapat dplk

    BalasHapus
  31. mas minta tolong kirimin contoh paklaring ke email saya pt indomarco prismatama cabang purwakarta soalnya saya udh 2tahun resign saya jauh mau ngambil paklaring nya kalo bisa entad saya kasih pulsa ni emailnya
    manzsulaiman00@gmail.com

    BalasHapus
  32. Mas tolong iya ke saya juga kirim contoh paklaringnya ke
    Marioramadhan0@gmail.com

    BalasHapus
  33. Surat paklaring/surat referensi nanti yang menerbitkan HRd tempat anda bekerja.. thanks..

    BalasHapus
  34. Saya juga mas tolong kirimin paklaring idm dong plise
    Maryoramadhan0@gmail.com

    BalasHapus
  35. Selamat malam minta tolong boleh kirimin foto paklaringnya dong ke email arisjunpariska@gmail.com.terimakasih

    BalasHapus
  36. permisi kak jerry wiranata boleh minta softfile atau foto paklaringnya ke sini setyarinik@gmail.com .. terimakasih

    BalasHapus
  37. Aslamualaikm
    Mas mnta cnto pklaring indomaret ya.? Kirim ke bungan669@gmail.com mkash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang sja ke hrd .. minta surat referensi jika tetep tidak keluar suruh cek di data ho apakah masih punya tinggakan nkl .. jika lunas pasti keluar suratnya

      Hapus
  38. 1 bulan lebih dana dplk belum cair kendalanya apa ya ? Ada yg bisa jawab kah ?

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum
    Kak boleh minta contoh surat paklaringnya 🙏🙏 boleh kirim ke sini ya kak rifanz705@gmail.com trimakasih

    BalasHapus
  40. Selamat malam, saya najela nursiska pernh bekerja di idm bulan mei 2014 - nov 2015, sampai kontrak habis,saya risent baik" saya pulangkan semua atribut yang ada tapi saya setiap ngajuin bpjs dan paklaring selalu tidak ada banyak alasannya, saya hnya dikasih no bpjs dikertas selembar, saya liat no tersebut ada saldonya dibpjsku, jdi saya ingin mengajukan bpjs dan paklaring yang blum saya dapatkan, tolong bantu ya pak/ibu untuk paklaring dan bpjs saya, najela nursiska no nik 2013046662. Info ke sini ya najelanursiska@yahoo.com .. terima kasih

    BalasHapus
  41. Mas kalo Risen baru tanda tangan kontrak ke 2 dendanya brp?

    BalasHapus
  42. Mas mau tanya dana dplk kan langsung masuk ke rekening, biasanya btuh waktu berapa lama ya?

    BalasHapus
  43. Mas minta contoh paklaring nya mas

    BalasHapus
  44. Sedih ya kalo udah lama kerja ehhh di suruh ngundurin gitu aja ,alasana nkl besar ,emang salah, cuman kalo saya gak makan tuh barang apakah adil yang gak salah harus jadi korbannya ,miris2 ,masih ada aja kepemimpinan yang kayak gitu

    BalasHapus
  45. Saya udh resign sekitar setengah tahun, belum ngurus paklaring juga, gimana yah caranya. Biat bisa ngurus bpjs.nya

    BalasHapus
  46. Ayo kita diskusi gaes ...
    area DC SMG

    082227767081

    BalasHapus
  47. kadang hrd idm mempersulit gan , beda sama hrd PT

    BalasHapus
  48. Gan mau tanya proses DPLK hingga pencairan berapa lama ya...dulu surat2 saya lampirkan tanggal 26 juli 2019 sampai sekarang 4 september 2019 kok blm cair ya apakah selama itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi berapa lama pencairannya? Apa nyampe lama sekalikah?

      Hapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Mau tanya dong cara liat / tau DPLK

    BalasHapus
  51. mas/mba boleh minta tolong untuk yg punya paklaring PT. albany corona lestari bisa di email ke aan23.boan@gmail.com mohon bantuannya...

    BalasHapus
  52. Mas boleh minta contoh paklaring PT Albany Corona lestari ke email nitazka51@gmai.com atau wa 08978998370 mohon bantuanya

    BalasHapus
  53. Mas mba boleh minta tolong saya mau minta paklaring pt albany corona lestari ato indomaret bisa kirim ke taryamanfuroh@gmail.com ato 081221811090. Terimakasih mohon bantuannya

    BalasHapus
  54. Ass.. maaf kak saya punya problem disini. Mohon bantuan ya ka. Sudah 5 thn lalu sy keluar dr indomarco. Atas dasar pengunduran diri sblm masa kontrk habis. Tp karena undang2 sya tdk dpn paklaring dan harus kena denda. Alhasil saya sulit klaim bpjs perusahaan saya yg baru. Jika berkenan bisa minta contoh paklaring nya tdk mas mohon bntuan sekali kirim email ekwlndn@gmail.com atau bisa kontak 087791780606 mohon infokan ya kak.

    BalasHapus
  55. sore mas,saya ex indomaret, paklaring saya hilang sekitar 2 minggu yg lalu dan saya salahnya belum sempat scan paklaringnya, mas boleh minta tolong kirim contoh paklaring indomaret, email saya apandialimubarok@gmail.com atau ke no.087871262561, atas perhatiannya saya sangat berterimakasih.

    BalasHapus
  56. Mau nanya dong..
    Saya keluar tahun 2012
    Tapi setau saya.. Saya nggak dpt paklaring wkt saya keluar
    Cuma di kasih ijazah asli.. Sama rincian jamsosteknya doang
    Paklaring ga dpt
    Klo mau minta skrgasi bisa? Dulu di jababeka.. Klo minta kestu lagi?

    BalasHapus
  57. Iyaa kalo mau minta ke kantor lagi saja,

    BalasHapus
  58. mau tanya dong. saya udah keluar kerja dari tahun 2015 tapi saya berhenti sebelum kontrak saya habis. apa bisa sekarang saya urus paklaring buat urus bpjs saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  59. Saya resign 2017, saya Dr DC banjarmasin apa Ada yg bisa ngambilkan paklaring saya bisa chat wa 089691901602

    BalasHapus
  60. Halo name tag ilang bisa ga ya mnta surat palpating cabang jakarta 1

    BalasHapus
  61. Berapa lama dplk indolifenya cair? Saya 1,5 bln dari ngasihkan berkas ke hrd sampai skrg blm cair... Ada yg lebih lama kah?

    BalasHapus
  62. Boleh minta fotoin plaklaring indomaretnya dong saya pas keluar ngga di kasih soalnya ke email tiarandi7@gmail.co

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana bang dapet paklaringnya? Kalo ada boleh bang minta bang, kirim ke alamat didinCogan93@gmail.com. Sya cabang jkt2

      Hapus
  63. Habis kontrak sebelum masa kontrak habis menjadi kendala sekarang :(

    BalasHapus
  64. Pa saya mai minta parklaring gimna ya pak caranya...

    BalasHapus
  65. maaf pak mau bertanya cara mengurus paklaring saya yang sudah resain sudah lama bagaimana ya pak untuk dapat paklaringnya

    BalasHapus
  66. How to make money from slot machines and make money from
    To start with, let's say you're looking at slots with $0.00, 0.00, and 0.00. This means งานออนไลน์ that you'll get your money back for the first seven paylines

    BalasHapus
  67. Situs Judi Slot Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Situs Judi 밀양 출장안마 Slot Online 광주광역 출장마사지 Deposit Pulsa Tanpa 구미 출장마사지 Potongan 창원 출장안마 · Minimal Deposit: 남양주 출장마사지 10,000 IDR. Minimum Deposits: 1 IDRWaktu Deposit: 1 Menit

    BalasHapus
  68. Bagi kalian yg sudah resin dari Indomaret dan butuh jasa pencairan BPJS Ketenagakerjaan, tanpa paklaring juga bisa kita bantu. 100% amanah karna saya mantan karyawan Indomaret juga .
    contact saya di whatsapp : 0813-1660-1270

    BalasHapus